Rabu, 11 Februari 2009

TIPS MAKAN SELAMA DIET AGAR TIDAK TERUS GEMUK

1. Nikmati makanan anda dan makanlah pelan-pelan
Minum sedikitnya sekurang kurangnya 18 gelas air setiap hari. Jangan makan malam jika anda kurang minum disian hari dan sore hari.
Pilih satu tempat didalam rumah khusus untum makan. Jangan pindah pindah sampai makanan habis. Makanlah sambil duduk jangan makan ditempat lain.
Variasikan jumlah kalori makanan anda setiap harisupaya tubuh dibiasakan dengan makanan rendah kalori. Tibih anda akan mengira memang sejumlah itulah kebutuhannya. Dengan begitu kalau anda berdiet, berat badan anda tidak bias turun.
Sediakan makanan dan minuman seperti buah buahan, sayur sayuran dan sari buah murni dalam lemari es. Bukannya makanan tinggi kalori seperti kue, es krim, dan sirop. Makanlah hanya ketika lapar.
Bila perlu buatlah catatan harian tentang pola makan dan perasan anda. Catatlah segala yang anda ingin makan sebelum memakannya. Tulislah bagaimana perasaan anda dalam perkembangan menuju kebiasaan makanan sehat itu. Dan tuliskan pula bagaimana perasaan anda bila anda berbuat curang kepada diri sendir, misalnya tidak bias menahan diri makan permen dan eskrim.
Sup dan saturan berkuah bening adalah makanan diet yang baik selain menyenangkan rasanya segar dan sehat.
Bila memutuskan makan di restoran tentukan apa yang ingin anda makan. Ketika disana jangan mengubah keputusan itu.
Susunlah jadwal kapan anda boleh makan dan ngemil.
Bacalah label kemasan makanan. Makanan dengan percentage lemak atau karbohidrat (berarti gula ) akan mengganggu penurunan berat badan anda. Jangan Cuma menghitung berapa gramnya tapi juga komposisinya, semakin tinggi porsentase kandungan lemak dan karbohidrat dibandingkan dengan Kalori keseluruhan semakin menggemukan.
Letakan makan hanya didapur dan ruang makan, bukan tempat lain.
Jangan buat diri anda kelaparan dulu sebelum makan di restoran atau ke pesta. Makan sayur dan buah banyak banyak atau minum air putih sebanyak banyaknya supaya ketika makan direstoran atau di pesta tidak berlebihan, ingat makan di pesta atau direstoran cendrung tinggi kalori.
Makanlah secara teratur jangan melewatkan satu waktu makan, Bila tidak mendapatkan pasokan makan pada waktunya tubuh anda akan menggerakan mekanisme pertahanan diri yaitu dengan menurunkan kecepatan metabolisme, akibatnya tubuh cendrung menyimpan lemak.
Jangan mengira karena anda makan makanan rendah lemak/ kalori anda, Boleh makan apa saja, Apapun jenis makanannya semakin banyak dimakan semakin tinggi pula kalorinya dan tetap harus dibakar.
Singkirkan makan sisa.
Buang semua lemak pada daging, buang kulit ayam, jangan makan jerohannya.
Jangan meletakan makanan secara menantang diatas meja simpan saja dalam lemari.
Sebelum berangkat belanja, siapkan daftar kebutuhan, dan jangan pernah pergi belanja dalam keadaan lapar karena anda cendrung jajan.
lakukan olah raga ringan (yang baik adalah jalan kaki) seminggu tiga kali masing masing 30 menit, lalu tambah jamnya secara bertahap.
Jangan hanya mengukur berat badan, tapi juga ukuran berat badan misalnya lingkaran perut, lingkar paha dan lingkar lengan. Setelah olah raga ringan dan teratur ukuran berat badan anda akan turun meskipun berat badan tidak turun. Latihan teratur membentuk otot (daging) dan otot lebih berat daripada lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar