Jumat, 30 Januari 2009

MEGATASI KELETIHAN

Kelelahan atau keadaan lekas capai banyak sekali penyebabnya diantara sekian banyak adalah karena adanya penyakit yang tak disadari misalnya penyakit penyakit jantung , paru paru, radang hatiatu gangguan pada kelenjar tiroid yang mengakibatkan menurunnya kecepatan pertukaran Zat. Kemungkinan lain adalah karena penyakit kencing manis, penyakit kurang darang (ANEMIA ), lebih serius lagi penyakit MULTIPLE SCLEROIS, Kanker atau aids. Ada juga yang disebabkan adanya tekanan darah rendah, karena kekurangan cairan seperti terlalu banyak buang air kencing pada penderita Diabetes.

Diantara sekian banyak factor yang sangat penting adalah dua hal yaitu :
Tidak adanya kegiatan fisik sehari-hari, Dengan berkurangnya aktivitas fisik maka ketahan dan stamina juga akan berkuran. Untuk menanggulangi kelelahan jenis demikian dianjurkan untuk olah raga secara teratur, misalnya 3 sampai 4 kali dalam seminggu berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam, karena sesungguhnya olah raga menghasilkan letih yang nyaman serta meningkatkan semangat, sedangkan kekurangan kegiatan fisik serigkali menimbulkan rasa lelah yang tidak enak.
Yang sangat penting dan jarang disadari adalah yang bersifat psikis, suatu perasaan yang disertai ketidak mampuan dan kejengkelan (Frustasi ) misalnya kejenuhan terhadap suatu pekerjaan, hal ini terjadi bila tidak ada tangtangan dalam pekerjaan sehari-hari, monoton dan itu itu saja, atau kurang dorongan (MOTIVASI) atas pekerjaan yang ditekuni. Untuk mengatasinya adalah dengan memberikan penjelasan dan motivasi yang baik dari tugas yang dihadapi. Misalnya bekerja adalah IBADAH karena ada kaitannya dengan kewajiban memberi nafkah anak istri (Keluarga )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar